Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Rabu, 07 Maret 2018

Penyebab penyakit jantung. Mengungkap hal – hal apa saja yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung.

Penyakit jantung bisa menimpa siapa saja, ada berbagai faktor yang dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung, pada umumnya pola hidup yang tidak sehat masih mendominasi sebagai penyebab penyakit jantung.  Tentu ini bisa menjadi pelajaran kita semua, agar ke depannya bisa lebih peduli pada kesehatan.

Penyebab penyakit jantung tidak hanya masalah makanan saja, ada banyak hal yang berpotensi membuat fungsi jantung menjadi rusak yang akhirnya menimbulkan berbagai macam penyakit jantung. Untuklebih jelasnya, kita pelajari ulasan mengenai penyebab penyakit jantung di bawah ini.


PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG

Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian penyakit jantung juga gejala penyakit jantung, berikut ini adalah hal – hal yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung sekaligus faktor risiko timbulnya penyakit jantung antara lain  :

1. Pola Hidup yang tidak sehat
Risiko penyakit jantung juga dapat meningkat akibat pola hidup yang tidak sehat. Misalnya kurang berolahraga, sering mengonsumsi makanan berlemak, dan jarang mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran. Ini adalah penyebab penyakit jantung yang populer, bahkan juga menjadi penyebab penyakit lainnya.

2. Kebiasaan Merokok.
Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung. Karbon monoksida dalam asap rokok dan kandungan nikotin pada rokok dapat meningkatkan risiko munculnya gumpalan darah serta memacu jantung untuk bekerja lebih cepat sehingga membebani jantung. Senyawa kimia lain dari asap rokok juga dapat merusak dinding arteri jantung yang akan memicu terjadinya penyempitan. Perokok mempunyai risiko 24 persen lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak merokok sama sekali. Jadi tidak heran jika rokok dianggap sebagai penyebab penyakit jantung.
penyebab penyakit jantung


3. Riwayat Kesehatan Keluarga
Jika memiliki keluarga inti seperti ayah, ibu, adik, atau kakak yang mengidap penyakit jantung, risiko Anda untuk terkena penyakit jantung akan lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarganya.

4. Tingginya kadar kolesterol
Kenapa kolesterol dikatakan sebagai penyebab penyakit jantung?  Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat mudah menggumpal dan menempel pada dinding pembuluh darah. Karena itu, kadar LDL yang tinggi dapat membentuk plak yang menyebabkan aterosklerosis. Kadar LDL yang normal dalam darah adalah di bawah 3 mmol/L atau 115 mg/dl untuk orang dewasa serta 2 mmol/L atau 77mg/dl untuk orang yang memiliki risiko tinggi.

5. Faktor obesitas
Orang yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas berpotensi mengidap tekanan darah tinggi, cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi, serta lebih berisiko terkena diabetes tipe 2. Karena itu, mereka juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung, sehingga relevan juga sebagai penyebab penyakit jantung.

6. Faktor Usia
Makin tua usia seseorang, makin tinggi risikonya untuk mengidap penyakit jantung. Hal ini dikarenakan pembuluh darah, terutama arteri akan cenderung lebih kaku dan kehilangan daya elastisnya seiring bertambahnya usia.

7. Hipertensi
Bagaimana bisa hipertensi menjadi penyebab penyakit jantung?  Anda akan dianggap mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi jika tekanan darah Anda di atas 140/90 mmHg. Sedangkan tekanan darah rata-rata yang normal adalah 120/80 mm Hg. Tekanan darah yang tinggi berarti jantung bekerja lebih keras sehingga jantung dan pembuluh darah akan lebih terbebani. Salah satu faktor pemicu hipertensi adalah konsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi.

8. Penyakit Diabetes
Diabetes dapat menyebabkan penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga berpotensi menghambat aliran darah. Karena itu, penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung.

9. Jenis Kelamin
Secara umum, penyakit jantung koroner lebih banyak menyerang pria dibandingkan wanita. Namun, di atas usia 50 tahun, pria maupun wanita memiliki risiko yang sama untuk terkena penyakit ini.

Google analytics

My title page contents

viva log

facebook pixel

Blogroll

Popular Posts