Dapatkan tips Menarik Seputar Penyakit Jantung dan Kesehatan Jantung Beserta Solusinya

Caranya cukup isi form di bawah ini :
Nama Depan :
Alamat Email :


Tanda gejala Ciri Penyakit Jantung Di Usia Muda

Ciri penyakit jantung di usia muda menunjukkan tanda - tanda yang khas namun terkadang tidak disadari penderitanya.

Sebenarnya munculnya penyakit jantung tidak tiba - tiba langsung parah, gejala penyakit jantung yang muncul sebenarnya sudah lama dirasakan namun lebih sering dianggap hal yang biasa atau kondisi tidal fit saja, padahal sebenarnya perlu direspon dengan cepat. Di usia muda, penyakit jantung juga menunjukkan gejalanya yang sebenarnya membutuhkan penanganan lebih lanjut. Baca juga : macam penyakit jantung

Tanda gejala ataupun ciri penyakit jantung di usia muda menunjukkan kondisi yang perlu diwaspadai seperti berikut ini :

1. Pembengkakan pada kaki (Edema)
Ciri penyakit jantung pada usia muda yang pertama adalah pembengakakan pada kaki. Kok bisa? Yup, ketika kinerja jantung terganggu alias ketika jantung tidak bisa memompa darah secara efektif maka hal ini akan berujung pada pembengkakan pada pergelangan kaki. Pembengkakan ini disebabkan adanya penumpukan cairan dan apabila bengkak ini tidak kunjung mereda kita perlu membawanya ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.

2. Kadar kolesterol yang tinggi
Siapa sih yang tidak tahu penyakit kolesterol? Penyakit kolesterol merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia dan juga menjadi salah satu ciri penyakit jantung pada usia muda. Kok bisa? Yup, mereka dengan penyakit jantung biasanya juga akan disertai dengan peningkatan kadar kolesterol sejak anak berusia dini, lebih tepatnya pada usia 9 hingga 12 tahun. Penyakit kolesterol ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik, anak yang mengalami obesitas, hipertensi, ataupun menjadi perokok maupun perokok pasif. Untuk mencegah penyakit kolesterol ini menjadi lebih parah atau timbulnya penyakit jantung lainnya, kita bisa rutin mengecek kadar kolesterol anak secara rutin. Kadar kolesterol ketika kita masih berusia remaja adalah sekitar 170-199 mg/dL dan apabaila sudah lebih dari 200 mg/dL maka diperlukan penanganan dengan cepat.


ciri penyakit jantung di usia muda


3. Rasa nyeri pada dada
Nyeri dada merupakan salah satu gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita jantung. Nyeri dada pada penderita jantung sering kali disertai dengan sesak nafas dan keringat dingin serta denyut jantung yang tidak beraturan – dan biasanya cenderung menjadi lebih kencang. Apa sih akibatnya dari munculnya gejala ini? Tentu saja hal ini dapat berdampak fatal, yaitu mengakibatkan peredaran dalam tubuh tidak lancar. Nyeri dada yang timbul pada penderita jantung biasanya muncul ketika setelah beraktivitas cukup berat, berlangsung sekitar 5 hingga 10 menit, rasa sakitnya menjalar hingga ke lengan atau punggung, biasa disertai dengan keringat dingin, dan rasa sakitnya biasanya seperti ditempa beban berat. Ini juga sering menjadi ciri penyakit jantung di usia muda

4. Denyut jantung tidak beraturan
Bagi para penderita jantung, tentu saja gejala yang satu ini bukanlah suatu hal yang asing lagi. Kok bisa? Denyut jantung yang tidak beraturan ini disebabkan oleh penebalan pada otot jantung dan hal ini akan menyebabkan terjadinya kebocoran. Aritmia jantung ini biasanya disertai rasa lelah yang berlebih, rasa berdebar pada dada, lelah yang berlebih, sesak nafas, bahkan bisa juga jatuh pingsan.

5. Keluar keringat dingin
Ciri penyakit jantung di usia muda berikutnya adalah keringat dingin. Kok bisa? Yup ciri yang satu ini juga salah satu ciri yang paling sering awal muncul dan dikeluhkan oleh kita penderita jantung. Apakah keringat dingin ini meliputi seluruh bagian tubuh? Jawabannya adalah tidak karena keringat dingin sering kali hanya terjadi pada kaki, tangan, wajah, atau bahkan ketiak. Seberapa sering ciri yang satu ini terjadi pada seseorang? Keringat dingin sering muncul tanpa alasan yang pasti dan setidaknya akan muncul pada penderita penyakit jantung sebanyak satu kali dalam seminggu.

6. Mengalami hipertensi
Timbulnya penyakit lain juga bisa menjadi sebuah ciri penyakit jantung pada usia muda. Kapankah seseorang dikatakan memiliki penyakit hipertensi? Seseorang dikatakan memiliki penyakit ini ketika tekanan darahnya mendekati baatas atau lebih tinggi dari batas normal (batas tekanan darah anak 85-120, sedangkan untuk remaja 95-140) dan angkanya stabil dalam tiga waktu pengukuran yang berbeda. Apabila penyakit ini tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan gangguan pada saraf pusat dan berujung pada stroke, gangguan pada kinerja jantung, maupun gagal ginjal.

7. Mengalami aterosklerosis
Aterosklorosis adalah keadaan di mana arteri mengalami penyempitan dan penebalan karena adanya penumpukan plak pada dinding arteri. Plak yang menempel ini akan menyebabkan penyumbatan dan hal ini menyebabkan peredaran darah dan oksigen dari arteri ke organ tubuh menjadi terhambat. Hal ini bisa dicegah untuk menjadi lebih parah dengan merubah pola makan sejak dini, lebih rajin berolahraga, maupun dengan bantuan obat.

8. Mendengkur
Apa hubungannya mendengkur dengan ciri penyakit jantung di usia muda?  Meskipun kelihatannya sepele, mendengkur bisa menjadi salah satu ciri penyakit jantung di usia muda. Kok bisa? Yup, orang yang mendengkur dengan suara sangat keras, mengalami sulit tidur ataupun sering terbangun dengan rasa lelah yang berlebih merupakan gejala awal penyakit jantung. Hal ini didukung dengan penelitian di University of Pittsburgh yang meliputi 800 orang dengan kisaran usia 45 hingga 74 tahun yang memperlihatkan bahwa orang yang mendengkur lebih keras dua kali daripada orang lain pada umumnya cenderung mengalami sindrom metablok, yaitu sindrom yang meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, serta stroke. Bukan hanya suara dengkuran yang keras, rasa kantuk yang berlebihan juga biasanya menyertai gejala yang satu ini.

9. Terasa mudah lelah yang berlebihan
Seperti yang kita tahu, penderita jantung tidak bisa melakukan aktivitas seperti layaknya orang normal alias mereka lebih cepat mengalami kelelahan daripada orang lain. Rasa lelah berlebihan ini cenderung dialami penderita jantung tiap hari tanpa mereka melakukan aktivitas yang berat ataupun banyak.


10. Batuk yang tidak kunjung sembuh
Mungkin tidak ada yang mengira, batuk yang tidak sembuh - sembuh merupakan ciri penyakit jantung di usia muda.  Batuk merupakan salah satu penyakit yang biasa dialami oleh siapa saja dan termasuk dalam penyakit yang ringan. Namun siapa sangka jika batuk juga bisa menjadi pertanda seseorang mengalami penyakit jantung? Batuk yang dialami oleh penderita jantung pun berbeda dengan batuk biasanya, di mana pada penderita jantung batuknya cenderung disertai dengan noda darah ataupun lendir putih. Batuk ini pun cenderung timbul ketika kita rebahan pada tempat tidur dan biasanya juga akan disertai rasa sesak di dada dan letih yang berlebihan. Batuk pada penderita jantung pun cenderung berlangsung dalam waktu yang lama alias tidak cenderung sembuh.